≡ Menu

Inilah Pengertian Cyber Monday

Pengertian Cyber Monday – Pemasaran online menjadi bidang yang sangat menarik karena para pemasar menggunakan berbagai konsep pemasaran yang baru dan berbeda. Dan salah satu konsep tersebut adalah Cyber Monday.

Pengertian Cyber Monday? Cyber Monday adalah penawaran yang diberikan kepada konsumen oleh pengecer online, untuk menaikkan penjualan pada hari Senin setelah hari Thanksgiving di AS. Saat ini, Cyber Monday dipraktekkan di banyak negara oleh pengecer online termasuk di Indoensia dengan Harbolnas nya.

Sejarah Cyber Monday

Konsep ini pertama kali muncul pada tahun 2005. Cyber Monday adalah hari Senin pertama setelah thanksgiving dan black Friday. Lahirnya konsep pemasaran Cyber Monday atas dasar keyakinan bahwa masyarakat di US akan lebih banyak berbelanja pada hari Senin dibanding hari lainnya.

Black Friday yang juga dikenal sebagai Buy Nothing Day, disebut demikian karena, itu adalah hari setelah pengecer online mulai mengubah keuntungan. Pada hari Senin, pengecer mencoba untuk memikat konsumen untuk melakukan pembelian. Statistik menunjukkan bahwa penjualan online naik secara signifikan pada Cyber Monday.

Buy Nothing Day

Buy Nothing Day merupakan kebalikan dari Cyber Monday. Jika Cyber Monday adalah hari di mana penjualan mencapai rekor tertinggi, sementara Buy Nothing Day adalah hari di mana tidak ada penjualan. Menariknya, kedua hari ini dipisahkan oleh hanya dua hari yakni, Sabtu dan Minggu.

Buy Nothing Day pada dasarnya dimaksudkan untuk memprotes konsumerisme internasional yang dikampanyekan oleh artis Ted Dave dan dipromosikan oleh majalah Adbusters.

Buy Nothing Day dimulai pada September 1992. jaringan berita utama melarang majalah Adbusters untuk kampanye ini. Karena kampanye ini konsumen tidak membeli apa-apa pada hari Jumat, sehingga dikenal sebagai Black Friday.

Segera konsep ini mendapat popularitas di seluruh dunia. Logikanya adalah bahwa, setelah mengamati akhir pekan tidak membeli apa-apa, konsumen akan membeli sebanyak yang mereka bisa beli di Internet. Oleh karena itu, semua pengecer online mencoba memberikan diskon besar untuk memikat pelanggan, termasuk toko online Indonesia dengan konsep marketing Harbolnas!

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment