≡ Menu

Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Bagaimana sih cara aman belanja online agar tidak tertipu? Terapkan 8 cara jitu ini supaya Anda terhindar dari aksi penipuan.

Ya sekarang ini memang konsep belanja berbagai kebutuhan melalui layanan online sangat populer di berbagai kalangan, kenapa? Karena simple, banyak pilihan, harga murah dan hemat waktu.

Meskipun belanja online memiliki berbagai keunggulan tetapi ada saja kekuranganya seperti misalnya penipuan. Nah untuk itu sebelum membahas tips belanja online agar tidak kena tipu, ada baiknya Anda memahami apa saja keuntungan dan kerugian belanja online.

Keunggulan Belanja Online

  •  Daya tarik terbesar dari belanja online adalah Anda dapat berbelanja dari rumah. Tidak perlu pergi ke mal atau ke toko untuk membeli produk yang Anda butuhkan. Anda hanya perlu memesan dan produk akan dikirm kerumah Anda.
  •  Menghemat bensin dan waktu yang seharusnya dihabiskan untuk mencapai ke toko terdekat dan mencari produk yang diinginkan.
  • Mudah! Cukup dengan mengunjungi website, mencari produk dan membelinya. Produk yang Anda cari dapat dipesan dengan hanya sekali klik!
  •  Berbelanja kapanpun Anda inginkan. Toko online tidak pernah tertutup dan Anda dapat belanja 24×7 jam.
  •  Tersedia banyak pilihan, Anda tidak perlu menghabiskan waktu pergi dari toko ke toko lain untuk mencari produk yang Anda inginkan.
  •  Mudah membandingkan produk dan harga. Belanja online memberi kemudahan dalam memberikan perbandingan fitur produk dan harga, ini membantu memutuskan produk mana yang harus dibeli.
  •  Banyak diskon. Toko online menyediakan berbagai program diskon, ini bisa menghemat uang Anda.

Kelemahan Belanja Online

  • Kelemahan pertama adalah Anda tidak bisa langsung menerima barang yang Anda beli, butuh waktu beberapa hari sebelum barang Anda terima.
  •  Anda tidak dapat mencoba produk sebelum membelinya.
  •  Ada biaya pengiriman yang ditanggung pembeli.
  •  Produk bisa rusak saat pengiriman. Jika produk rusak, mungkin akan memakan waktu beberapa hari lagi untuk penggantian.
  •  Kemudahan berbelanja bisa sangat berbahaya bagi shopaholics, karena mereka mungkin terprovokasi untuk membeli banyak barang yang tidak dibutuhkan.
  • Penipuan. Jika Anda tidak hati-hati Anda bisa jadi mangsa penipu online yang bertebaran di internet.

 

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Jika Anda baru pertama kali belanja online, berikut ini tips aman belanja online agar terhindar dari penipuan.

1. Cek Reputasi Penjual

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk di internet, carilah informasi mengenai reputasi penjual terlebih dahulu. Apa yang dicari? Anda perlu tahu bagaimana reputasi penjual, apakah terlibat kasus penipuan. Bagimana caranya? Anda bisa mengetikan nama, no hp atau no rekening penjual di mesin pencari. Biasanya kalau penjual yang reputasinya buruk atau pernah menipu, datanya ada di internet.

2. Pilih Metode COD

Apa itu COD? Ini singaktan dari Cash On Delivery atau bayar ditempat. Jika Anda membeli produk dengan harga jutaan sampai puluhan juta di situs yang kurang terpercaya, sebaiknya pilih metode ini, kenapa? Karena lebih aman, selain itu Anda juga bisa secara langsung menilai barang yang akan Anda beli.

3. Jangan Tergiur Harga Murah

Pastikan Anda memilih dan membeli barang dengan harga yang rasional, jangan mudah tergiur harga murah.

4. Baca Deskripsi Produk

Baca lengkap informasi produk yang akan Anda beli dan jangan ragu-ragu untuk menanyakan ke penjual. Dengan bertanya pada penjual, Anda juga bisa mengetahui bagaimana layanan penjual.

5. Jangan Percaya Testimoni Berlebihan

Biasanya penjual akan memajang banyak testimoni yang menggiurkan, Anda jangan asal percaya, kenapa? Bisa jadi testimoni itu fake alias palsu. Kalau ada nama dan no hp yang memberikan testimoni, Anda bisa menghubungi untuk menanyakan kualitas produk atau service yang ingin Anda beli.

6. Rekomendasi Teman

Jika Anda membutuhkan produk dan tidak tahu beli di situs apa, ada baiknya mengandalkan rekomendasi teman untuk memilih toko online yang layak dipercaya.

7. Gunakan Rekber

Rekber adalah singaktan dari rekening bersama. Anda bisa menggunakan layanan ini, sistemnya uang dikirim ke rekber lalu setelah prduk Anda terima, barulah uang dikirm ke penjual. Gunakan rekber terpercaya!


8. Simpan Data Transaksi

Jangan lupa selalu simpan data transaksi seperti SMS, e-mail, atau bukti pembayaran sebagai jaminan bila Anda mengalami masalah dengan penjual.

Jika Anda mengunakan kartu kredit untuk belanja online, pastikan Anda membeli produk di website yang menggunakan protokol https, kenapa? Karena lebih aman dari ancaman pencuri kartu kredit.

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment